*kidney, i am in love !!!
one of the memory when we do this project

Tahukah teman-teman dimana letak ginjal?  Nah, kalau belum tahu silahkan di searching dulu. Kami mau berbagi teman-teman bagaimana pentingnya air putih untuk ginjal. Tulisan ini saya buat sebagai bentuk  dukungan kami  para team Hometown project di Kupang yang dikoordinatori oleh Kak Nike (UNIBRAW), beranggotakan Kenya (JAPAN), Violin (UNWIRA), Marthachan (UGM), Epifania (UNDANA), Elvira (future Evangelist) dan saya sendiri Agnes (POLTEKKES). Kegiatan ini merupakan project dari AIESEC. We do support to drink waters for world kidney day celebration!
start your day by a glas of water

https://www.google.co.id/search?q=air+putih&tbm=isch&imgil=ckM63JH3BZXd_M%253A%253Be6HLoin4DauVUM%253Bhttp%25253A%25252F%25252Fwww.obatsinusitiskronis.org%25252Fkhasiat-minum-air-putih%25252F&source=iu&pf=m&fir=ckM63JH3BZXd_M%253A%252Ce6HLoin4DauVUM%252C_&usg=__I_ymOh0RY9yTwmE0qRfcsKrcHH8%3D&biw=1366&bih=640&ved=0ahUKEwjJzv_ikpXLAhVSjo4KHUpTCuIQyjcIJg&ei=9R7QVomACNKcugTKpqmQDg#imgrc=ckM63JH3BZXd_M%3A

Ginjal adalah organ yang berfungsi untuk menyaring zat sisa dalam tubuh. Ginjal itu seperti “mesin cuci” untuk darah yang boleh dibilang masih kotor. Darah disaring 50 kali untuk setiap harinya (bisa dibayangkan?). selain itu ternyata ginjal juga berfungsi untuk mengontrol tekanan darah, memproduksi sel darah merah dan membantu menjaga kesehatan tulang kita.
Fungsi ginjal sangatlah penting. Kita tidak dapat hidup tanpa ginjal. Berat ginjal hanya 0,5% dari total berat badan (dihitung sendiri ya) namun menerima sekitar 20% hasil dari jantung. Seseorang dapat hidup dengan satu ginjal, namun bila keduanya tidak dapat lagi berfungsi maka zat sisa akan berakumulasi dengan cepat dan meracuni tubuh. Hal ini akan membawa reaksi seperti mual, muntah, anemia, susah tidur. Orang yang fungsi ginjalnya terganggu akan mengalami ginjal kronis, yang membuat pasien akan melakukan cuci darah. Penyakit ginjal lainnya yakni batu ginjal dan gagal ginjal.
Setiap orang mempunyai 2 ginjal. Bentuknya seperti kacang, letaknya disamping panggul. Setiap ginjal berukuran 12 cm dan beratnya 180 g. Ginjal merupakan bagian dari sistem urinari. Nah ini dia proseskerja ginjal :
1.       Filtrasi
Dalam glomerulus darah disaring : molekul makro seperti protein dan sel darah terdapat dalam darah. Step pertama ini disebut sebagai urin primer.
2.       Re-absorpsi
Melalui tubulus, elemen yang masih dibutuhkan oleh tubung di serap kembali seperti gula dan mineral.
3.       Sekresi
Sesuai dengan kebutuhan tubuh beberapa zat dapat ditarik lagi setelah filtrasi. Setelah itu urin akan ditampung di kandung kemih lalu kemudian di keluarkan.
Ginjal itu memiliki peranan dalam mengalirkan darah dalam tuuh
membantu jantung pemompa darah untuk semua organ. Membantu  darah mengalir dalam paru-paru, oksigen ditarik dan karbondioksida di keluarkan. Dalam lambung, darah diperkaya dengan ekstrak nutrisi dari apa yang kita konsumsi. Ginjal berfungsi untung menyaring hasil sisa dari proses yang tidak dibutuhkan tadi, istilahnya mencuci darah sebelum masuk lagi ke sirkulasi.

LALU APA HUBUNGANNYA DENGAN MINUM AIR? Air sangat berperan dalam proses eliminasi. Air di dalam tubuh merupakan kendaraan yang digunakan sebagai transportasi dan mengeliminasi dalam urin. Jadi, AWALI HARIMU DENGAN SEGELAS AIR PUTIH. Kebutuhan air putih setiap harinya tergantung usia, berikut uraiannya :
1.       Anak usia 6-7 tahun
6-7 gelas (1,6 liter) sehari.
2.       Pria dewasa
10 gelas (2,5 liter) sehari.
3.       Wanita dewasa
8 gelas (2 liter) sehari.
4.       Lansia
4-6 gelas (1-1,5 liter) sehari.

Selain minum air ada juga tips yang disebut sebagai “World Kidney Day’s Golden Rules” agar ginjalmu tetap terjaga.
1.       Menjaga kebugaran dan keaktifan bergerak
Dengan hal ini maka akan sangat membantuuntuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko CKD (Chronic Kidney Desease).
keep fit and active

2.       Periksakan kadar gula darahmu
Kurang lebih orang yang diabetes mengalami gangguan ginjal, jadi sangatlah penting untuk orang yang menderita diabetes  secara teratur untuk mengecek fungsi ginjal mereka.
do not forget for check up 
https://www.google.co.id/search?q=cek+ginjal&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjK-NnKkpXLAhVECY4KHZyiD1UQ_AUIBygB&biw=1366&bih=640#imgrc=1EgoMAHFHqriFM%3A
3.       Pantau tekanan darahmu
Walaupun banyak orang yang berhati-hati bahwa tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung, beberapa mengetahui bahwa itu juga terjadi karena kerusakan ginjal.  Tekanan darah yang normal adalah 120/80. Nah teman-teman tekanan darah harus dijaga dengan cara pencegahan dini dan mulai life style hidupmu yang lebih sehat.
your blood pressure high or low

4.       Makan yang sehat dan selalu check BB (berat badan) mu
Ini dapat mencegah diabetes, penyakit jantung dan kondisi lain yang berhubungan dengan CKD. Kurangi asupan garam ya. Rekomendasi asupan hari per hari yakni 5-6 gram. Nah, kalau teman-teman makan di resto, warung atau di rumah usahakan untuk tidak menambah lagi sodium alias natrium alias garam ya.
overweight?
5.       Atur asupan cairan
Sudah baca asupan air putih untuk setiap orang? Yang di atas tadi J
6.       Dilarang merokok
Merokok juga dapat meningkatkan resiko kanker gijal hingga 50%
yap. don't smoke

7.       Jangan beli obat bebas sembarangan
Obat-obat yang biasa seperti NSAID (Non-steroid anti inflammatory drugs) seperti ibuprofen dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan menimbulkan beberapa penyakit apabila dikonsumsi secara terus menerus. So, what is the best way? Tanyakan sama dokter atau ahli medis lainnya.
OTC

8.       Check keadaan ginjalmu, buat kamu yang memiliki faktor resiko yang tinggi
-          Diabetes
-          Hipertensi
-          Obesitas
-          Ada anggota keluargamu yang menderita penyakit ginjal
-          Kamu merupakan keturunan asli  Afrika, Asia, Aborigin.

Ok teman-teman. Nah sebagai generasi muda kita patut mendukung gerakan minum air putih. At least, it is start from yourself.
Silahkan chek Fanpage Hometown Project untuk keterangan lebih lebih labjut silahkan di cek linknya.

Comments