Hello teman-teman. Wah sudah lumayan lama ndak apdet..Bagimana kabar kalian. Sebelumnya aku mau bilang terimakasih untuk waktunya membaca blog simple ini. Anyway semoga info-info, cerita pengalaman maupun karya-karya sederhana di blog ini tetap bermanfaat buat teman-teman semua. Okay.
Kali ini aku akan membahas beberapa tricks agar tulisan-tulisan kamu di Ms. Word rapi dan juga ada trick buat hyperlink di Ms. Power Pointmu biar kelihatan menarik :). Sebelumnya aku mempelajari trick ini berdasarkan riset kecil-kecilan di blog-blog para senior yang jago dibidangnya. So, bukan berarti aku jago jadi aku share ini ya, tapi aku berharap mungkin tricks ini bisa bermanfaat buat teman-teman. Selamat membaca ya.


1. Bagimana sih membuat daftar isi agar tetap terlihat rapi ?

Nah banyak nih teman-teman yang pasti masih bingung bagaimana caranya agar DAFTAR ISI dalam karya ilmiahmu tetap epic hehehehe. 

a. Klik Refferences (lingkaran merah)

b. Kemudian akan muncul seperti ini, klik table of contents (lingkaran hijau)
c. Nah kamu bebas pilih, misalnya kita pilih automatic table 2.

d. Klik dan tinggal di edit deh sesuai kebutuhan
e. Ini salah satu hasilnya, gimana lebih rapi kan?


2. Ada juga yang bertanya gimana sih buat page number  dengan format yang berbeda dalam satu file?

Tenang ini tricknya.....
a. Firstly, kamu perlu mengarahkan kursor kamu ke halaman yang akan diubah formatnya (jadi biasanya kan kalau karya ilmiah itu dari cover sampe daftar isi pake format i,ii,iii,iv... dst dan dari BAB 1 itu memakai huruf arab semisal 1,2,3,4,5... dst). Lihat gambarnya nih.

b. Kemudian klik page layout lalu  pilih breaks.

c. Nah pilih next page.
d. Siip kamu sudah siap utak-atik format halamannya deh di ribbon INSERT -->  page number --> kemudian format page number.




Sekarang sudah berbedakan page numbernya.




e. Kamu bisa lakukan langkah yang sama untuk mengubang format kertas (landscape or portrait)

3. Karya tulis ilmah biasanya menuntut kriteria seperti firstline dan hanging tertentu. Buat yang belum tahu dimana si letaknya. Mari kita pelajari.

a. Arahkan kursormu ke depan kalimat, lalu klik kanan.

b. Pilih paragraph, Lalu pilih firstline atau hanging

d. Firstline untuk awal paragraph dan hanging biasanya digunakan di daftar pustaka.
Contohnya kayak gini.
first line

hanging



4. How to use hyperlink ?

Bagi yang presentasi terus butuh jalan pintas ke file yang satunya gampang baik di Ms. Word maupun Ms. Power Point kamu bisa gunakan HYPERLINK... 
a. Kamu block tulisan yang akan kamu klik untuk menuju ke file berikutnya.
b. Selanjutnya klik insert lalu pilih hyperlink.

c. Akan muncul kotak dialog sebagai berikut

d. Nah tinggal pilih deh file selanjutnya klik OK
e. Untuk mengaktifkan hyperlinknya kamu dapat mengklik slide show. 

Bagaimana mudahkan? Selamat mencoba ya. Jangan bosan-bosan singgah di blogku. Kalau kamu merasa ini bermanfaat silahkan di share. Because sharing is caring.  Jangan lupa berkomentar bila itu perlu !!!!



















Comments

Post a Comment