Manusia-Manusia Kuat

Photo by Nike Ndaumanu
Hallo sahabat, di tulisan kali ini aku akan mengulas tentang manusia-manusia kuat *bukannya itu lagu ya?* yap itu tidak salah dan aku suka sama liriknya “manusia-manusia kuat itu kita”. Sebenarnya tadi mau nulis tentang orang-orang yang menginspirasi perjalanan hidupku tapi aku memilih untuk bahas ini dulu. Ok lanjut, ide tulisan ini muncul saat aku mendengar lagu manusia-manusia kuat by TULUS dan aku membayangkan tentang penghargaan terhadap diri sendiri.
Sering kita malah membuat diri sendiri menjadi lemah dan kurang menghargai diri sendiri. Nah, setelah berpikir lebih jauh ternyata ada banyak yang hal yang patut disyukuri. Berhenti sejenak dan mengingat apa yang sudah dilakukan di 7 hari bahkan 365 hari yang lalu. Memang tidak semuanya berjalan mulus. Ada begitu banyak kegagalan yang dijumpai, bahkan batu sandungan itu berhasil menjatuhkan kita. Hebatnya kita tidak menyerah, yap kita memang kuat bukan?
Coba ingat deh, pas lagi malas-malasnya belajar dan kita kembali semangat setelah ingat akan perjuangan orang tua yang sudah bersusah payah menyekolahkan kita. Saat kecewa karena nilai ujian kurang memuaskan, lalu kita tetap bersyukur mencoba mengingat ada banyak orang yang nilainya lebih buruk dari kita. Kadang, kita harus lebih kuat, belajar lebih ekstra agar remedialnya berhasil. Tanpa kita sadari kita membentuk pribadi yang lebih kuat dan pantang menyerah. Tanpa kita sadari kita memiliki pengetahuan 2x lipat dari sebelumnya.
Saat galau karena teman atau karena ditinggal kekasih. Saat itu senyuman pudar, air mata berderai kamu bakal bilang “rasanya sesak”. Iya itu memang menyakitkan, tapi kemudian kita memilih untuk bangkit lagi membuka hati dan menemukan teman yang mendukung usaha-usaha kita. Apakah saya dan kamu sadar? Kamu sudah kuat bahkan kamu sudah menciptakan bahagiamu sendiri.
Manusia-manusia kuat. Harusnya kamu sadar kamu sudah menjadi salah satunya. Betapa hebatnya kamu belajar bangkit di tengah keterpurukan. Di saat yang lain menolak bahkan mengatakan kamu tidak bisa dan kamu dengan membara membuktikannya. Lalu kenapa kamu bilang bahwa kamu lemah dan tidak bisa apa-apa? Kamu bilang “ah si ini lebih baik dari aku”, kamu terus-terusan membandingkan diri dengan orang lain. Kenapa kamu bilang belum berbuat sesuatu? Belajar untuk tidak ragu sama diri kita, menghargai setiap usaha kita, menghargai setiap hal yang membuat kita menjadi kuat. Manusia-manusia kuat tidak boleh menyerah, mimpi itu harus jadi kenyataan. Semangat ya buat kita.

Comments

Post a Comment