Pabalu


Original photo from instagram.com/busniessbooksummaty

Ada yang tahu artinya? Kalau belum ogut mau kasih tahu itu artinya “penjual”. Sudah ketebak dong yah apa yang mau dibicarakan kali ini. I am so in love with this. Ogut sudah belajar jadi penjual sejak SD sewaktu masih belum belum beres bersihin angka 11 (*eew, bercanda ding). Waktu itu jualnya jajanan sekolah, pas SMP bantu nenek jagain kiosnya kalo plg sekolah, pas SMA jualan pulsa, kuliah jual pulsa, jadi juragan printer di asrama, bikin totebag, jual jasa les privat sampe sekarang masih jualan casing hp dan bisnis Oriflame (Asiiik). Muka boleh biasa-biasa, prinsip hidup boleh minimalist tapi tidak apa-apa yah bisnisnya Oriflame. 

Semua pengalaman berjualan itu banyak manis-asem-asinnya (keringat mungkin yah). Jadi sudah nano-nano parah. Emang bangga jadi penjual? Kalo ogut pribadi “iya banget” soalnya waktu semester-semester 3-6 berjualan ini ngebantu banget uang jajan dan sedikit biaya untuk beli perlengkapan kuliah. 

Sempat berhenti lalu akhirnya bangkit lagi itu bukanlah hal mudah. Punya modal seadanya banget mencoba memberanikan diri waktu itu kita coba desain totebag dan cari penjahit di kota Makassar yang mau terima jahitan. Setelah survey beberapa hari, akhirnya nemu penjahit yang bahkan mau kasih kita harga “mahasiswa” karena waktu itu datang kelihatan banget kurnag modalnya. Soalnya kita banyak tawar menawarnya. Waktu itu peminatnya lumayan tapi sayangnya karena harga yang diberikan terlampau murah proses pengerjaanpun kurang maksimal bahkan customer menunggu sampe berminggu-minggu. Apes banget malah gak balik modal lagi.

Akhirnya kita coba lagi peruntungan selanjutnya, jualan lagi tapi kali ini lumayan banyak yang repeat order. Biarpun untungnya ga sampe goceng tetap bersyukur lumayan banget bisa dikumpulin dan ngebantun kita bayar uang kos. Sayangnya lagi dan lagi usahanya kandas dan karena sempat re-stock banyak barang yang tersisa. Positive thinking saja pasti ada cara lain buat bisa dapat usaha lainnya.
Pencarian terus berlanjut sampe ketemu lagi sama bisnis Oriflame, yap ogut pernah berhenti waktu semester 5 terus sekarang lanjut lagi. Jualan case hp masih tetap kami jalankan, masih ada 2 atau 3 customer dari luar kota. Biarpun sedikit tetap disyukuri. 

Nah, tentang Oriflame. Awal join lagi itu karena pendaftarannya yang hanya 20k. Setidaknya modalnya kecil soalnya waktu itu benar-benar tidak ada dana lagi buat mulai usaha yang lainnya. Awalnya malu-malu pasang status di WA soalnya ada beberapa teman dan dosen juga. Cuma kembali ke diri sendiri lagi, pengen gak jualannya laku. Lagian kenapa harus gengsi, orang ini juga halal dan gak ngerugiin orang pula. Banyak juga orang-orang berkelas yang join Oriflame. Modalnya emang terlihat kecil tapi banyak yang sudah buktikan hasilnya luar biasa.

Sempat minder dengan berbagai alasan apalagi penampilan yang biasa-biasa saja akhirnya semua itu sirna karena besarnya motivasi di dari dalam diri dan dari orang sekitar. Terutama leader-leader yang sudah banyak mengubah hidupnya dari Oriflame. Banyak dari mereka yang juga biasa-biasa saja dulunya, yes they have changed their life from zero to leader.

Terus, penghasilannya gimana di Oriflame? Sejauh ini setiap ada keuntungan diputar lagi sebagai modal. Jadi dipake buat beli skincare, bodycare atau make-up untuk diri sendiri atau keluarga. Terus bisa dapat hadiah-hadiah lain juga seperti tas, aksesoris dan peralatan dapur buat Mama di rumah. Lumayanlah bikin senang orangtua sudah buat ogut jadi bahagia juga. Hasil yang seperti ogut tetap sangat-sangat bersyukur karena ogut yang dulunya tidak pernah membayangkan barang-barang seperti itu sekarang bisa dipake beberapa juga.

Dulu, boro-boro beli make-up pakai bedak saja jarang. Terus kebantu dengan join di Oriflame? Banget, walopun penghasilan belum apa-apa setidaknya kalau mau beli make-up sudah tidak khawatir kantong terkuras karena tertolong dengan join di Oriflame ini. Jadi apa cuma segitu yang Oriflame bisa kasih? Eitts big NO banyak yang oriflamme bisa kasih. Leader-leader Oriflame sudah banyak yang jalan-jalan ke dalam dan ke luar negeri gratis, dapat mobil, motor dan rumah gratis, dapat gaji dari jutaan, puluhan bahkan ratusan juta. 

Ogut baru merasakan remahan-remahannya tapi sudah sangat bersyukur dengan itu. Dibilangi “pabalu/penjual” bukan masalah besar buat ogut karena memang sudah suka dengan dunia ini. Kali aja bisa beneran jadi pebisnis kan yah. Amiiiinn.

Semua bisa, kamu juga bisa. Langsung komen di bawah kalau mau tahu cara gabung dan cara kerjanya.

Comments