Resume pertemuan1 - Sinonim obat - Simulasi Resep

Sinonim Obat dan Beberapa Penjelasannya – Pertemuan Pertama-With Mrs. Hillaria
1.        Paracetamol (Acetaminofen, NapAp, Normal Acetyl p-aminofenol, PCT).
2.        Dipiron (Antalgin, Metampiron,  Metamyzol, Merilmelubrin, Novamizol).
3.        DDS  (Dapson, Diaminodiphenylsulfon )  sebagai antilepra
4.        MPS (Methylpolisiloksan, Simetikon ) berkhasiat sebagai antiflatulen- antikembung-mengeluarkan gas di dlm lambung, biasa dikombinasi dengan antasida dengan Alukol nama dagang Promag, Mylanta. Cara pemakaian tablet dikunyah terlebih dahulu  ½ jam sebelum makan atau pada malam hari sebelum tidur.  Karena  lambung dalam keadaan kosong. *dimeticon : dimethypolisiloksan
5.        TMP  (Trimetoprim) selalu dikombinasi dgn sulfametoksazol/SMX  dengan nama kotrimoksazol, yang merupakan antibiotik untuk antiinfeksi (ISK, ISP, penyakit diare karena bakteri) .
6.        Aetarcridin lactat (Rivanol, Lactacridin, Acrinol, Acridol, Etacridin Lactat) warna sediaan yakni kuning. Berkhasiat antiseptik extra, konsentrasi sediaan  0.1 % b/v digunakan untuk membersihkan luka. Signa epitema (obat kompress).
7.        Tokoferol (Vitamin E) berkhasiat antioksidan. Antioksidan (pro vit A,E,C). Menghaluskan kulit. dl (Dextro lefo)-alfa tokoferol, kalau ada tulisan ini berarti bukan vitamin E yang murni. d-Alfa tokoferol lebih mahal karena dekstronya sudah dipisahkan. Hampir semua obat memiliki cmpuran rasemis, seperti misalnya asam tartrat.
8.        Axeroftol  (A; tidak) seroftalmi (Vitamin A, Retinol (retina—ol; alkohol), Avitin, Axerophtol). Kekurangan vitamin A menyebabkan rabun senja (seroftalmia). Vitamin ada 3 macam (alkohol, aldehid,alkanoat).
9.        Menadion (Vitamin k)
Fitomenadion  contohnya Neo K) vitamin K1 untuk anak baru lahir karena kadar vit Anya lebih rendah.
Vit K2 (menakuinon) disintesis oleh tubuh di flora usus normal dan dapat juga dilambung.
Vitamin K3 (Menadion / menadion diasetat) untuk bayi neonatus
10.    Kalsiferol (Vitamin D2) dapat diserap dalam tubuh jika ada kalsium
* Kolekalsiferol-vit D3
11. PPA (Fenilpropanolamin) Khasiat dekongestan hidung, untuk flu berkhasiat mengobati pernapasan. Contohnya Procold, Mixagrip. Dengan dosis per sediaan 15 mg, 12,5 mg. Saat ini sudah ditarik apabila sediaannya sama atau lebih dari 50 mg, karena dapat menyebabkan hipertensi. Hal ini karena PPA berupa adrenergik yang akan berkombinasi dengan Vitamin B1 jantung. Batas PPA tidak lebih dari 25mg /tab.
12. Dextrosa (Glukosa, D-glukopiranosa monohidrat). D bukan Dextro namun memang memutar bidag polarisasi ke kanan.
13. Infus D10/ D5 (Infus dextrosa 10%)
14. PMN (Phenil Mercuri Nitrate), sebgai pengawet obat tetes mata. PMA (Phenyl Mercuri Asetat).
15. Alukol (Aluminium Hidroksida) sebagai antasida yang menetralkan asam lambung biasa dikombinasi dengan Magnesium Hidroksida, atau Magnesium Trisilikat efek samping diare. Hampir semua magnesium kecuali Garam inggris (MgSO4, garam urus-urus)  tidak untuk asam lambung karena lebih kuat sebagai penacahar.
16. Theofilin etilendiamin (aminofilin) sebagai obat asma, eilendiamin untuk menambah kelarutan teofilin yang bersifat basa.
17. 1,3,7,-trimetilxanthina (coffein,) sebagai stimulan agar segar terus dan dirancang agar tidak ngantuk. Senyawa xantin (inti purin) . KI, untuk org yg menderita asam urat. Cth : krating daeng, hemaviton.
18. HCT (Hidrochlorotiazid) untuk diuretik ( mengeluarkan/ memperbanyak seksresi urin) Diminum saat pagi, bukan malam karena pasien (hiper) hrus terbangun krn buang air kecil akhrnya. Yg diminum mlm hri adlh kolesterol
19. Metenamin (Heksamin, Heksametilentetraamin, Uroksamin, Urokormin), khasiat sebagai antibakteri spesial untuk ISK, yangg hrus diperhatikan adalah setelah diambil obatnya langsung disimpan karena perubahan warna menjadi putih kekuningan, pada penyimpanan bisa dengan kapas, bila terjadi perubahn wrna seabaiknya dibuang. Kemasan tube seperti redoxon dari plastik.
20. ASA {Asam o-asetoksi Benzoat, Asetosal) khasiat analgetik, antipireteik, antiinflamasi, antiplatelet (penyakit jantung; infark ke 2) Ascardia, Aspilet (mengencerkan pembekuan darah, mencairkan darah,melancarkan perdarahan, mengurangi kekentalan darah).} ES bisa memperparah pendarahan KI tidak boleh diberikan untuk ibu hamil trimester terakhir, pasien Hemofilia, DBD).
21.  Isonikotin Hidrazid (INH, Izoniazid, asam-4- piridin karboksilat hidrasid) ES, neuritis perifer (radang saraf tepi) karenanya dikombinasi dengan Vit B6. Vitamin-vitamin yangg dikatakan neurotropik Vit B6, B1, B12. Jadi dapat diberikan pada pasien yang badan kejang-kejang.
22. Citroenzuur [Zuur;asam belanda] (asam sitrat) pada kosmetik apabila terdapat tulisan AH artinya (Alfa Hidroksi Acid) berarti berkhasiat sebagai zat tambahan pada kosmetik   khasiat lainnya mencegah pembekuan darah pada proses distribusi kantung darah dan pengawet.
23.  Perhydrol (Hidrogen Peroksida, H2O2) khasiat sebagai  pembersih luka, ketika terkena senyawa organik seperti tubuh H2O2 akan langsung terurai menjadi H2 dan O2 (antiseptik), bila ada kotoran O2 akan mendorong kotoran keluar. kadarnya 3% sebagai desinfektan dan deodoran terdapat dalam obat kumur, kadang-kadang tetes telinga juga memakai zat ini (mengeluarkan kotoran), tidak boleh digunakan terus menerus karena efek sampingnya (korosif), kulit telinga akan tergores. Sudah mulai ditinggalkan secara perlahan. Solutio H2O2 kadar asli 30 % b/v  = 50% v/v.
24. Polivinyl Pirolidone Iod (Betadine, Nulidone, Polyvidone iod, PVP) iodium akan menyebabkan perih perih di hidung. Reaksinya membentuk kompleks KI3 karena hanya larut dengan garamnya. Zat berkhasiatnya adlah iodium, polyvinil pirolidine untuk mengurangi rasa perih yang ditimbulkan oleh Iodium.
25. ISDN (Isosorbid Dinitrat) untuk angina pektoris, dengan pemakain Sub Lingual (dibawah lidah).
26.  PTU (Propylthicoracilum, proticyl) antitiroid  gondok.
27. Aneurin (Tiamin, Vit B1 ) sekedar info vitamin ini yang ditemukan di indonesia oleh ilmuan Belanda.
28. Lactoflavin (Vit B2, Riboflavin) terdapat pada susu daging, telur, diketahui berwarna kuning hijau (lihat fluoresensi (berpendar) susu pada matahari).
29. Codein HCl (methyl morphini hidrochloridum).
30.  Kalk (kalsium laktat)
31. Diphenhydramini Theoclas (dimenhidrinat)
30. CPZ (Chlorpromazine) bukan chlordiasepoksid
31. Vit B3 (Niasinamida, Nikotinamida, PP (pellagra preventing)  factor.
32. Na2B4O7 (Natrium Tetra Borat, Boraks)
33. Formalin (solutio formaldehid), 37% ke atas formalin tidak bs larut dalam air. H-CHO ( Formaldehid, Alkanal, Metanal), paraformaldehid (untuk biang keringat) dalam bentuk tablet.
Na2S2O3 – memutihkan kotoran





Comments