Indonesia Kece, Indonesia Punya




Artikel ini harusnya judulnya, sambil menyelam minum air hehe. Oke perjalanan ini sebenarnya sudah 1 tahun yang lalu. Nah, waktu itu kami mahasiswa (i) Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Kupang berkesempatan untuk mengikuti serangkaian kegiatan kunjungan industri a.k.a PKL luar pulau di beberapa lokasi di Pulau Jawa (Semarang-Jogja-Malang-Surabaya).
Lokasi pertama yang kami kunjungi yaitu Kota Semarang. Di kota ini kami mengunjungi PT. Jamu Jago yg juga merupakan Museum Rekor Muri Indonesia. Terus kami juga mengunjungi dan melihat proses pembuatan beberapa produk dengan merk Herborist di PT. Victoria Care Indonesia.  Terus berkesempatan berkeliling di pabrik PT. Sido Muncul. ROSO!













Next kami juga berkesempatan mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong, Semarang. Aku baru tahu ternyata miniature ala-ala China ada disini hahaha. Soalnya, beberapa orang yang mengupload fotonya di depan klenteng ini dan aku pikir itu di China. Kudet bener lu Agnes wkwkwk.

Pagi harinya bersama beberapa dosen aku juga mengikuti misa pagi di sebuah gereja di Kota Semarang, aku lupa namanya. Pokonya dekat daerah ini.


Katanya kurang afdol nih ke P. Jawa kalau tidak mengunjungi candi. Nah, kami juga diajak ke Candi Prambanan, Candi Borobudur, Keraton Jogja dan salah satu pabrik kaos Jogja. I’m not a tour guide so if you need more information, please ask to Mbah google hehe.
















Oh iya kami juga berkunjung ke Universitas Gadjah Mada, and I think this university is the best one of universities that I’ve ever visited. Sempat juga ke salah satu gereja di sana.

Next, kota batu coy. Rasanya kaya di kampung halaman Tana Toraja. Disana kita berkunjung ke Materia Medica Indonesia. Sempat jalan-jalan ke kebun apel. Yeay! Sempat ke taman bunga SELECTA juga. Sempat juga ke museum angkut, malamnya ke BNS.












Menuju ke kota terakhir kami masih mengunjungi pabrik Pocari Sweat. Go ion^^

Last, but not least Suroboyo. Kita berkunjung ke bagian kefarmasian RS Soetomo, terus dapat bonus numpang lewat di Jembatan Suramadu hehe

Yah itulah kira-kira kawan-kawan. Ane tahu pasti sudah banyak yang pernah ke sana, but that was my first time coy. Lumayanlah PKL sambil sambilan *eh. Semoga lu kagak bosan-bosan dengan konten di blog ane. Semoga menghibur ya, meskipun kisah lama hehe.
Betewe, kalo ada yang tanya itu siapa yang foto. Itu ane semua yang foto hehehe. Sudah ala-ala traveler blom?




Comments